PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
Apakah
itu algoritma
Ditinjau
dari asal usul katanya kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh.
Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses
menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan algorist jika anda
menghitung menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal
kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika
menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang
terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuarismi menilis buku
yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku
pemograman dan pengurangan” (the book of restoration and reduction).
Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar”(Algebra).
Perubahan kata dari Algorism menjadi Algorithm muncul karena kata
Algorism sering dikelirukan dengan Aritmetic,sehingga akhirnya sm
berubah menjadi thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah
menjadi hal yang biasa. Maka lambat laun kata Agorithm berangsur-angsur
dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi)secara umum, sehingga kehilangan
makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata Algorithm
diserap menjadi Algoritma.
Definisi
Algoritma
“Algoritma
adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis”.
Kata logis
merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus
logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
“Algoritma
merupakan Jantung ilmu informatika”
Algoritma
adalah Jantung ilmu computer atau informatika. Banyak cabang ilmu computer yang
diacu dalam terminology algoritma. Namun, jangtung beranggapan algoritma selalu
identik dengan ilmu computer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak
terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue
atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut sebagai
algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-langkah membuat masakan.
Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan yang
diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satu
langkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses disebut pemroses (Processor).
Pemroses tersebut dapat berupa manusia,computer,robot atau alat-alat elektronik
lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau
“mengeksekusi”algoritma yang menjabarkan proses tersebut.
Melaksanakan
Algoritma berarti mengerjakan langkah-langkah di dalam Algoritma tersebut.
Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepadanya.
Juru masak membuat kue berdasarkan rsep yang diberikan kepadanya, pianis
memainkan lagu berdasarkan papan not balok. Karena itu suatu Algoritma harus
dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses. Jadi suatu
pemroses harus :
Mengerti
setiap langkah dalam Algoritma.
Mengerti
operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Mekanisme
Pelaksanan Algoritma Oleh Pemroses
Komputer
hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, Algoritma
harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi
program adalah perwujudan atau implementasi teknik Algoritma yang ditulis dalam
bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan komputer.
Belajar
Memproses Dan Belajar Bahasa Pemograman
Belajar
Memprogram tidak sama dengan belajar bahasa pemrograman. Belajar memprogram
adalah belajar tentang metodologi pemecahan masalah, kemudian menuangakannya
dalam suatu notasi tertentu yang mudah dibaca dan dipahami. Sedangkan belajar
bahasa pemrograman berarti belajar memakai suatu bahasa aturan-aturan tata
bahasanya, instruksi-instruksinya, tata cara pengoperasian compiler-nya, dan
memanfaatkan instruksi-instruksi tersebut untuk membuat program yang ditulis hanya
dalam bahasa itu saja.
PROGRAMMING
Language Paradigm
Imprative
Prosedural
C, Pascal,
Fortran,
Basic,
Obj Oriented
Ada, Object Pascal, C++,
Java,
Smalltalk,
Eiffel
Parallel,
Processing :
Ada, Pascal
S,
Occam,C-
Linda
Declaritive
Logic :
PROLOG
Functional :
LISP,APL,
SCHEME
Database SQL
Belajar
Memprogram
·
Belajar memprogram – Belajar bahasa pemrograman
·
Belajar memprogram : Belajar tentang steategi
pemecahan masalah
Metodologi
dan sistematika pemecahan masalah kemudian menuliskannya dalam notasi yang
disepakati bersama.
·
Belajar memprogram : bersifat pemahaman persoalan,
analisis dan sintesis
·
Belajar memprogram, titik berat : designer program
Belajar
Bahasa Pemrograman
·
Belajar bahasa pemrograman : belajar memakai suatu
bahasa pemrograman, aturan sintaks, tatacara untuk memanfaatkan istruksi yang
spesifik untuk setiap bahasa.
·
Belajar bahasa pemrograman, titik berat : coder
Produk yang
dihasilkan pemrogram :
·
Program dengan rancangan yang
baik(metodologis,sistematis)
·
Dapat dieksekusi oleh mesin
·
Berfungsi dengan benar
Sanggup
melayani segala kemungkinan masukan
·
Disertai dokumentasi
·
Belajar memprogram,titik berat : designer program
Algoritma
Aksi :
Kejadian
yang terjadi pada selang waktu terbatas ( dimulai saat T0 dan Berakhir pada
saat T1)
Menghasilkan
efek netto yang terdefinisi denga baik dan direncanakan.
Contoh :
§ Ibu tati
mengupas kentang untuk memperiapkan makan malam…………….(ruas ruang lingkupnya)
§ Karena ruang
lingkupnya luas,maka harus didefinisikan keadaan awal dan efek netto yang
direncanakan (Initial State dan Final State)
§ Initial State
(Keadaan Awal) : T0 Kentang sudah ada dikantong kentang,dan ditaruh di rak
dapur dimana ibu tati akan mengupasnya.
§ Final State
(Keadaan Akhir) : T1 Kentang dalam keadaan terkupas di panic, siap untuk
dimasak dan kantong kertasnya harus dikembalikan ke rak lagi.
§ Kejadian :
urut-urutan dari beberapa aksi yang terjadi secara berurutan.
§ Efek kemulatif
dari semua aksi yang terjadi menjadi efek netto dari kejadian.
§ Penggolangan
suatu kejadian menjadi aksi adalah relatif tergantung dari sudut pandang.
Contoh mengupas kentang dapat dijelaskan :
ü Ambil kantong
kentang dari rak
ü Ambil panic dari
almari
ü Kupas kentang
ü Kembalikan
kantong kentang ke rak
§ Contoh lain
(jika tidak dipandang perlu untuk menjelaskan kanting kentang diambil dari rak
sebelum ambil panic)
ü Ambil kantong
kentang dari rak dan ambil panic dari almari
ü Kupas kentang
ü Kemballikan
kantong kentang ke rak
Jika esok hari ibu Tati mengupas
kentang lagi untuk makan malam juga, dan kita mengamati hal-hal yang sama,
apakah hal tsb bisa disebut sama?
Ini tergantung jawabannya bisa sama
bisa tidak.
Tidak karena ibu Tati tidak mungkin
mengupas kentang yang sama dengan kemarin.
Sama karena kemiripan pola yang
dilakukan
Notasi Algoritma Independen Terhadap
Bahasa Pemograman Dan Mesin Komputer
Notasi Algoritma dapat diterjemahkan
ke dalam berbagai bahasa pemrograman. Analoginya sama dengan resep membuat kue.
Sebuah resep dapat ditulis dalam bahasa apapun. Bahasa jepang , inggris,
prancis, Indonesia dan lain sebagainya. Apapun bahasanya kue yang dihasilkan
tetap sama asalkan semua aturan pada resep diikuti. Mengapa demikian / Karena
setiap juru masak (sebagai pemroses)dapat melakukan operasi dasar yang
sama,seperti mengocok telur mnimbang berat gula dan lainnya.
Baca Juga Artikel Di Bawah Ini!!
Umum
- Tutorial Merubah atau Menambah Penulis di Blog
- Cara Merubah Favicon atau Logo Blog Judul di Blogspot
- Membuat Komik Retro Dengan Photoshop
- Membuat Efek Taped Isolasi Pada Foto
- Membuat Efek Foto Realistic
- Membuat Foto Kembar
- Cara Membuat Gulungan Foto
- Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya
- Cara Membuat Efek Photo Booth
- Cara Mengembalikan Tampilan Facebook Kronologi
- Menghaluskan Kulit Wajah dengan Photoshop
- Membuat Tatto dengan Photoshop
- Makalah Fisika Usaha Energi dan Daya
- Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu
- Sejarah Handphone
- Sejarah Facebook
- Chat Room
- Radio Streaming
- Daftar Isi
- Contoh Surat Keterangan Domisili
Programming
- Tuturial atau Cara Membuat DP di BBM bergerak
- Membuat Efek Taped Isolasi Pada Foto
- Membuat Efek Foto Realistic
- Membuat Foto Kembar
- Cara Membuat Gulungan Foto
- Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya
- Cara Membuat Efek Photo Booth
- Cara Mengatasi Error Delphi 7 Di Windows 7
- Menghaluskan Kulit Wajah dengan Photoshop
- Membuat Tatto dengan Photoshop
- Algoritma Pascal Luas Segitiga
- Membuat Animasi Burung Terbang pada Flash
- Membuat Animasi Ombak dari Flash
- Dasar Pembelajaran Micromedia Flash
- Cara Membuat Webside
- Menu - Menu Animasi Menarik di Dreamweaver
0 komentar:
Posting Komentar